Teknik Sipil

Visi

“Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang Unggul dalam Rekayasa Struktur dan Berstandar Internasional pada Tahun 2031”

 

Unggul : mampu menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang dapat mengatasi permasalahan di bidang rekayasa struktur.

Wirausaha : mampu menghasilkan lulusan yang siap berdikari dalam menjalankan usaha sendiri di bidang jasa konstruksi.

 

Misi

Misi Program Studi Teknik Sipil sebagai berikut:

1. Melaksanakan pendidikan Teknik Sipil yang berkualitas, berorientasi pada kebutuhan dunia jasa konstruksi dengan peningkatan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia konstruksi global.

2. Melakukan kegiatan penelitian yang berkontribusi kepada pemecahan masalah di bidang konstruksi dengan memperbanyak penelitian dan pengabdian dengan publikasi secara nasional dan internasional.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan dunia jasa konstruksi dengan melibatkan peran serta instansi pemerintah maupun swasta dalam penyuluhan dan pelatihan serta pengembangan metode pelaksanaan konstruksi.

4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa asing dengan pemberian kuliah dengan Bahasa inggris dan pelatihan toefl.

5. Menjalin kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi pemerintah maupun swasta upaya dalam peningkatan softkill dan hardskill dalam penyedian kerja praktek bagi mahasiswa Teknik sipil.

6. Menyelenggarakan pembahasan permasalahan yang terjadi dalam dunia konstruksi beserta solusinya dalam perkuliahan dengan memperbanyak seminar dan pelatihan tentang dunia kontruksi.

7. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui pendidikan studi lanjut dengan pemberian beasiswa untuk staf dan dosen S1 prodi Teknik sipil.

8. Melengkapi sarana infrastruktur dalam proses belajar mengajar dengan peningkatan gedung laboratorium dan sarana kelas yang ber ac.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Visi dan misi serta tujuan yang ingin dicapai oleh program studi Teknik Sipil sejalan dengan visi misi Fakultas dan Universitas. Berdasarkan hal tersebut, sasaran yang akan dicapai mencakup:

(1) Menerima mahasiswa baru dengan pertimbangan kemampuan akademik yang memadai.

(2) Melakukan proses belajar mengajar dengan mempertimbangkan kualitas yang sejalan dengan perkembangan teknologi.

(3) Peningkatan mutu lulusan yang terampil bekerja dan mampu bersaing di era global.

(4) Memiliki kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada perkembangan kebutuhan institusi pengguna lulusan.

(5) Peningkatan kualitas kecerdasan emosionaldan spiritual bagi lulusan.  

Menu Program Studi