Fakultas Teknik
Universitas Suryakancana
Jl Pasir Gede Raya Cianjur
Phone (0263) 283578 / Fax (0263) 283578

Contact Center (0263) 283578

     
Sekilas Info :
  
Detail Berita

Gandeng Anak Muda, Cara Kreatif Hadapi MEA

14 Januari 2016   Admin ITSupport

Memasuki 2016, Indonesia mulai menghadapi arus Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain mempersiapkan diri untuk bersaing dengan tenaga kerja asing, masing-masing daerah di Indonesia juga mulai merancang program dan strategi untuk memperlihatkan keunggulan dan potensi yang ada di wilayahnya. Wakil Bupati terpilih Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Mochamad Nur Arifin mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi MEA supaya tidak menjadi ancaman bagi warganya. Salah satu strateginya, yakni dengan menggandeng anak muda di sana.

"Anak-anak muda akan diklaster berdasarkan sektor industri yang mereka geluti. Misalnya, ada industri bambu, material, internet marketing, dan lain sebagainya. Tapi nanti mereka akan didorong untuk berbisnis dengan branding komunal," ucapnya, baru-baru ini.

Pengklasteran tersebut, kata Arifin, diharapkan bisa mempertahankan industri sektor mikro. Pasalnya, industri kecil jika digabungkan akan menjadi besar. Hal tersebut kemudian akan memberi peluang kepada pelaku usaha, khususnya anak muda untuk bisa bersaing di MEA.

"Kalau sudah per sektor nanti pemerintah membantunya berdasarkan kelompok jadi lebih mudah kontrolnya. Nanti juga ada pelatihan-pelatihan. Intinya pengrajin boleh banyak, tapi mereknya tetap satu, yaitu kerajinan Trenggalek," terang pria yang baru berusia 25 tahun tersebut.

Kendati demikian, Arifin memprediksi daerah yang dipimpinnya baru akan merasakan dampak MEA pada satu sampai dua tahun ke depan. Sehingga, di awal masa jabatannya nanti dia bersama pasangannya, Emil Dardak, masih bisa menyiapkan masyarakat untuk menghadapi MEA secara lebih matang.

Fakultas Teknik Universitas Suryakancana
Jl Pasir Gede Raya Cianjur
Phone : (0263) 283578
Faximile : (0263) 283578
E-mail
info@ftunsur.ac.id

Jejaring Kami

Copyright © 2015 - Fakultas Teknik Universitas Suryakancana Cianjur