Fakultas Teknik
Universitas Suryakancana
Jl Pasir Gede Raya Cianjur
Phone (0263) 283578 / Fax (0263) 283578

Contact Center (0263) 283578

     
Sekilas Info :
  
Detail Berita

Ini Alasan Kenapa Mahasiswa Wajib Baca Buku

03 Februari 2015   Admin ITSupport

Buku sangat penting bagi mahasiswa. Apalagi dengan status yang disandangnya, menjadikan mahasiswa dianggap sebagai kelompok terpelajar.

Namun kebiasaan membaca buku kerap ditinggalkan oleh mahasiswa. Mulai dari alasan sibuk hingga malas.

Nah bagi mahasiswa, ini alasannya kenapa kenapa kamu wajib membaca buku :

Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi
Ketika kamu membaca buku, secara tidak langsung kita otak akan terstimulasi untuk berpikir secara sistematis agar maksud isi ataupun pesan yang terkandung dalam buku tersebut dapat kamu pahami. Kebiasaan berpikir secara sistematis inilah yang secara otomatis juga melatih dan membiasakan otak untuk berkonsentrasi dan memfokuskan diri dalam mempelajari atau mengerjakan sesuatu.

Sumber Inspirasi
Memasuki dunia perkuliahan,  banyak tugas yang menuntut kreativitas serta pemahaman yang baik akan berbagai pengetahuan umum. Puncaknya adalah di akhir semester perkuliahan ketika harus menulis skripsi dan harus menentukan topik lalu  melakukan riset salah satunya dengan cara membaca banyak buku. Jika telah terbiasa membaca banyak buku, tentu akan sangat membantu kamu dalam mendapatkan inspirasi topik yang tepat untuk skripsi yang akan kamu tulis.  Tentunya dengan syarat kamu telah memilih buku yang dibaca dengan selektif yaitu buku-buku yang sifatnya edukatif, memotivasi, kisah sukses, ataupun pengetahuan umum.

Memperluas Wawasan

Berbeda dengan sekolah dasar dan menengah dimana kebanyakan aktivitas belajar kita masih dibimbing penuh oleh guru setiap pelajaran. Memasuki masa kuliah, mahasiswa telah dituntut untuk lebih mandiri dan independen dalam proses belajar. Dosen juga cenderung memberikan pertanyaan yang mengharapkan jawaban berdasarkan opini pribadi maupun analisa berdasarkan fakta dan logika. Dengan sering membaca buku, secara otomatis wawasan kita pun akan meluas sehingga meningkatkan kemampuan kita untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan didukung fakta lebih akurat yang kita dapatkan dari membaca buku.

Mempererat Pertemanan

Mereka yang memiliki lebih banyak pengetahuan biasanya akan disegani oleh orang-orang di sekitarnya. Begitu juga yang akan terjadi jika kamu bisa menjadi mahasiswa yang tahu akan banyak hal berkat rajin membaca buku, bukan hanya akan membantu kamu meraih berbagai prestasi di kampus namun juga dapat mempererat relasi kamu dengan teman-teman. Dengan sering membaca buku, kamu akan selalu memiliki topik menarik yang dapat dibahas dengan teman-temanmu. Dan dengan membagikan pengetahuan tersebut kepada teman-temanmu, kalian bisa terlibat dalam diskusi yang seru, yang tanpa kalian sadari juga telah mempererat relasi diantara kalian serta menjadi ajang bertukar pikiran.

Jika kamu belum terbiasa membaca buku secara rutin, mungkin pada awalnya akan sulit menyediakan waktu khusus untuk membaca buku. Cobalah perlahan dengan membaca buku minimal lima lembar setiap harinya, lalu semakin kamu sudah terbiasa cobalah tambahkan bobot bacaanmu secara bertahap. Bayangkan, jika kamu mencoba membaca lima lembar sehari saja, kamu sudah dapat menyelesaikan membaca buku setebal 150 lembar, apalagi jika nanti jika kamu sudah dapat meningkatkan jumlah lembar yang kamu baca.

Jadi, ayo kita budayakan rajin membaca buku untuk bisa menjadi mahasiswa cerdas. Selamat mencoba!
Sumber :  http://kabarkampus.com/2015/01/ini-alasan-kenapa-mahasiswa-wajib-baca-buku/
Fakultas Teknik Universitas Suryakancana
Jl Pasir Gede Raya Cianjur
Phone : (0263) 283578
Faximile : (0263) 283578
E-mail
info@ftunsur.ac.id

Jejaring Kami

Copyright © 2015 - Fakultas Teknik Universitas Suryakancana Cianjur